Minggu, 25 Oktober 2015

Perbandingan berbagai output cahaya lampu HID di aplikasi yang berbeda

Perbandingan berbagai output cahaya lampu 

HID di aplikasi yang berbeda


1.REAL HID PROJECTOR OUTPUT ( Tidak ada bias /glare diatas garis Cutoff )


HID PROJECTOR KIT




Beberapa gambar dari real HID Projector (Cutoff line bisa diatur tinggi rendahnya ,biasanya setir kiri/kanan berbeda tinggi rendahnya ,dikenal dengan RHD =Right Hand Drive dan LHD=Left Hand Drive )





Perbandingan output cahaya dari HID Projector VS Lampu Halogen bereflektor :






2.HALOGEN PROJECTOR ( DENGAN BOHLAM PIJAR/HALOGEN ) >>> Output cahaya tidak ada Glare/bias yang menerobos keluar dari garis Cutoff )
Walaupun tidak seterang HID Projector , tapi lampu ini bisa bekerja optimal dan tidak membuat silau kendaraan lawan arah kita )


3.HALOGEN PROJECTOR (DIPASANG DENGAN LAMPU HID ) >>> Output cahaya terang , akan tetapi ada sedikit Glare/Bias yang bisa membuat silau kendaraan lawan arah kita )
4.HALOGEN HEADLAMP REFLECTOR ( DIPASANG DENGAN LAMPU HID )>>> Output cahaya terang benderang , tetapi cutoff nya berantakan dan hampir menghilang sama sekali , walaupun ada titik focus dibeberapa area , tetapi efek GLARE sangatlah kacau dan membabi buta , disetting bagaimanapun akan tetap membuat silau kendaraan didepan , kecuali batok lampu nya diarahin agak kebawah dan sorot lampu hanya berjarak 7-10 meter ( Tahu-tahu ada lobang segede gaban udah telat buat ngehindar…wkwkwkwk) 


5.LED PROJECTOR ( Witk LED light source ) >>>outputnya kurang lebih sama dengan HID Projector


OUTPUT
AFTER MARKET PROJECTOR
Kebanyakan projector yang dijual di toko variasi mobil adalah Halogen Projector , beberapa rekan modcomers mungkin tidak tahu akan hal ini ,dan ketika kita membeli projector halogen ini dan memasangnya dengan lampu HID , kita sering mengeluhkan sinarnya kurang maksimal , masih bikin silau orang dan lain sebagainya.
Hal sederhana untuk membedakan Halogen Projector dengan HID Projector adalah sederhana saja , kalau projector tsb dijualnya dengan lampu berkode H11,H4,H3 dll , sudah bisa dipastikan itu adalah Halogen Projector.
HID PROJECTOR sejati hanya menggunakan lampu HID berkode D2S, D1S







MOBIL DENGAN HID REFLECTOR HOUSING ( Bawaan asli /standard Dari pabrikan )
Sekarang , ane baru paham bahwa sejatinya HID juga bisa cocok dipasang di batok lampu bereflektor , seperti contohnya 2nd gen Toyota Prius , 9th gen Toyota Corolla, Civic Mugen RR dll ( tambahan infonya dong ) sudah memakai lampu HID dari sono nya , walaupun batok lampu nya masih reflector. Lohh..emang gak bikin silau tuh ??? Sekarang ijinin ane , menjelaskannya
Mobil-mobil diatas memang reflector di Headlamp nya sudah didesain sedemikian rupa dari bawah ke atas untuk memantulkan paparan lampu HID untuk mengurangi efek Glare yang ditimbulkan ( Menggunakan diamond cut yang lebih presisi ) dan biasanya menggunakan lampu bertype,D1R,D2R,D3R, D4R ( R untuk reflector ) , setengah lampu nya dilapisi cat tahan panas untuk mengurangi efek glare.

Tampilan lampu Toyota Prius with 4300K , kamera tidak menangkap adanya glare





Nih Output nya , garis Cutoff , perfectly straight without any Glares (Toyota Prius )









Sekarang kita bisa menyimpulkan dan mengambil keputusan , lampu apakah yang cocok buat mobil kita , tentunya yang aman ,tidak ngrugiin keselamatan orang lain dan paling utama adalah pas dengan budget kita.
PESAN MORAL :

1.Apabila mobil masbro sekalian masih menggunakan Headlamp Halogen reflector standard dan masih dengan bohlam pijar standard, maka yakin dan percayalah output lampunya akan memberikan hasil yang terbaik untuk anda , karena Kit lampu sudah didesain sedemikian rupa dan sudah melewati riset bertahun-tahun.Kalau cahaya nya meredup , coba cek aki,relay,kondisi reflektor dan semua komponen pendukungnya , siapa tahu memang ada yang harus diganti. Intinya, Kagak usah malu dan minder ama temen-temen yang pakai HID ,hehehe

2.Lampu HID memerlukan waktu sekitar 5-15 detik untuk menuju ke full intensitas , hal ini sudah mengurangi atau bahkan menghilangkan fungsi dari lampu tembak/Hi beam itu sendiri. Ada rumor juga jangan sering buat ngedim kalau di siang hari , karena bisa cepet rusak tuh HID ,bener gak sih ?
3.Output cahaya diukur dengan ukuran Lumens ,berbanding terbalik dengan ukuran temperature , dihitung dalam satuan Kelvin , output cahaya dalam ukuran terbaik untuk lampu HID adalah 4300K ( Temperatur sama dengan cahaya Daylight ).Diatas 6000K , adalah sia-sia dan menjauh dari unsur terang yang aman.Satu alasan yang perlu diingat tentang warna “Biru” , cahaya lampu HID kelihatannya lebih terang di warna biru , bisa dijawab dengan alas an sederhana , bahwa mata manusia sangat sensitive terhadap warna biru , hal ini membuat silau mata manusia dan memberikan ilusi bahwa lampu HID biru tsb adalah terang daripada warna kuning/putih , padahal sejatinya hal tsb adalah salah . Warna biru tidak akan maksimal menembus kegelapan malam dibandingkan lampu HID berwarna kuning/putih.

Ini ilustrasi warna nya :


4.Kalau lampu HID tersebut kurang memenuhi ekspektasi masbro sekalian , dan sudah tau dampak dari glare lampu HID , trus apa dong yang bagus,terang dan tidak menyilaukan , pokoknya lebih terang dari lampu bawaan ,” Yah kalau mau tetep pakai lampu Halogen , cari deh lampu Phillips X-treme ,Phillips Rally Bulbs atau Osram Night Breaker ( Kagak lagi promosi lho,sumpeh deh )

5.Fungsi paling utama dari lampu jauh/Hi beam adalah menyapu jalanan dengan cahaya dari kejauhan , untuk mengetahui kondisi jalan/hazard di kejauhan.Ketika batok lampu bereflektor kita (Tidak didesain untuk lampu HID ),lalu disaat darurat kita menggunakan lampu jauh tsb , dan ternyata hasil output nya malahan tidak fokus ke depan tapi nyebar kagak karuan ,lalu dimanakah fungsi lampu jauh dari HID tsb ? sedangkan lampu HID prinsip kerja Hi/Lo nya hanya digerakkan oleh magnet/motorized , artinya lampunya itu2 juga. Terus terang ini dilema buat ane pribadi, disatu sisi ane kagak mau bikin silau orang (Ane akalin lampu deket nya ane mundurin cuman 10 meter,hasilnya ane kagak berani ngebut di jalanan sepi/tol , karena respon terhadap hazard (Lobang,orang nyebrang,tikungan,kucing nyebrang dll ) jadi terlambat dan ini membahayakan. Trus ane coba arah fokus nya ane majuin lebih jauh , nyaman sih buat ane pribadi...eh sering diomelin orang dan sering disilauin balik ama mobil lain....pfftttt bingung ane nih . Ane sempet tergiur mau beli HID yang bagus dan mahal sekalian , tapi apakah hasil nya dijamin fokus dan gak ada kelebihan glare ( Over Glare ) ??.

yah, itu tadi informasi lebih lengkaptentang lampu HID yang sudah pernah saya janjikan. Semoga bermanfaat.


Source : http://www.modifikasi.com/showthread.php/467412-Beberapa-Hal-Yang-Perlu-Anda-Ketahui-Tentang-Lampu-HID

      Related Posts:

      0 komentar:

      Posting Komentar

      luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

      Copyright © 2025 Automoze | Powered by Blogger

      Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑