Minggu, 08 November 2015

Sekilas tentang ban tapak lebar dan ban tapak kecil

Sekilas tentang ban tapak lebar dan ban tapak kecil

ban
     Ban memegang fungsi fital dari semua kendaraan yang bertugas sebagai penerus tenaga dari mesin,penyangga beban kendaraan dan juga penupang,meneruskan fungsi kemudi dari stang,pengereman motor dan juga dapat sebagai suspensi atau penahan kejutan dari permukaan entah itu aspal ataupun tanah .
Nah, yang masih menjadi kesimpang siuran tentang  ukuran ban ada ukuran ban yang kecil – ekstra kecil – standar – lebar – monster .Kebanyakan para bikers telah mengganti ukuran bannya tidak dengan ukuran standar lagi dengan beribu alasan, nyawa juga bergantung diatas ban bro jadi harus selektif dalam memilih ukuran ban.
Pastilah pabrikan telah melakukan riset panjang walau hanya untuk ukuran ban,karena ukurang ban juga dapat mempengaruhi kenyaman kendaraan,penyaluran performa motor dan juga untuk menghentikan daya laju kendaraan.
Kali ini ane akan bagiin artikel yang ane comot dari mbah google :d hehehe....
    • Ban Kecil
ninja-ban-cacing_thumb2
Ban kecil bukan berarti ukuran diameter ban yang kecil,namun tapak dari ban tersebut.Ban ini aslinya diperunttukan untuk balapan drag bike yang mempunyai trek lurus dan mulus dan jaraknya juga hanya 201m bukan untuk harian.Lihat saja jalanan Indonesia masih mengenaskan kondisinya banyak lubang,jalan bergelombang dan lainnya.
Menurut yang menggunakan ban ukuran kecil ini menganggap bahwa itu “KEREN”,namanya juga selera motor motor gue yang terserah gue.Kata itulah yang sering terlontar dari mulu mereka.Namun, ban ukuran mini juga mempunyai beberapa kelebihan yaitu :
  • Tarikan Responsif .Alasan utama adalah untuk mengejar keresponsifan dari motor karena ukurannya lebih kecil maka part penngerak juga tidak terlalu memaksa untuk memutar roda.
  • Irit .Alasan yang kedua adalah mengejar irit karena bannya tidak terlalu menyiksa part penggerak.
  •  Trend .Ini yang adalah imbas dari trend modifikasi dari negara Thailand yang biasa disebut Mothai yang menyebar dengan cepatnya.
Namun ban ini, juga mempunyai kelemahan dan resiko yang cukup tinggi yaitu : 
  • Gampang Bocor .adala kelamahan yang paling mendasar karena bannya berukuran kecil tak mampu menahan beban yang disangganya (yang ini mohon komentarnya soalnya kurang tau alasannya :mrgreen: )
  • Velg Bengkok .Efek yang disebabkan oleh faktor jalanan yang jelek dan sering dilewati,coba kita amati yang menggunakn ban jenis ini pasti kalau melewati rel kereta,jalan berlubang dan bergelombang sangat pelan agar velgnya tidak bengkok :v .
  • Rawan Kecelakaan. Tapak ban yang kecil dapat mengakibatkan kecelakaan mulai dari ngesot saat melewati jalan berbelok apalagi jalan menikung.
  • Menggangu Kesehatan .Kembali pada salah satu fungsi ban yaitu sebagai peredam kejutan dari permukaan trek yang dilalui,ukurannya yang kecil membuat redaman kejutan berkurang dapat menyebabkan perut tidak nyaman,(maaf) pantat kurang nyaman dan masih banyak lagi .
  ban-cacing-nyangkut-patahan-jalan

 Dan selanjutnya mengenai ban tapak lebar ,,,
  • Ban Lebar
ban gambot  
Ban yang memounyai tapak lebar,ban yang diaplikasikan kepada motor gede dan mempunyai tenaga dan performa tinggi ban ukuran ini juga digunakan untuk balap road race atau on the roda atau di sirkuit.Motor gede yang mempunyai  bobot dan dimensi yang besar maka dari itu dipilihlah ukurang yang cocok untuk motor berkubikasi besar.
Ban tapak lebar juga mempunyai harga yang lebih mahal ketimbang ban standar tetapi mempunyai tapak ban yang lebih baik dibanding ban standar. Ban ini juga merupakan efek dari modifikasi ala streetfighter atau petarung jalanan karena dapat membuat kesan kekar pada motor dan juga dapat menampilakan kesan moge look dan tampilan motor terlihat padat atau tidak kopong lagi,itu untuk menurut yang menggunakan ban jeinis ini.Ban lebar juga memeliki beberapa kelebihan yaitu :
  • Tapak Ban Sempurna .Akibat dari tapak ban yang lebih lebar membuat tapak ban lebih baik dalam mencengkram aspal,cocok untuk anda yang suka miring-miring (baca:cornering).
  • Gagah .Untuk alasan penampilan ini adalah alasan utamanya yaitu membuat motor menjadi lebih gagah,tidak kopong serta memperkuat desain moge look.
  • Percaya Diri .Selain menambah kesan moge look yang membuat riders diatasnya membuat percaya diri,tak hanya itu penunggang motor dengan jenis ini juga dapat lebih percaya diri dalam melibas jalan rusak dan jalan yang mempuanyai tinggakt belokan yang tinggi (bilang saja tikungan :mrgreen: ) .
  • Lolos dari Oprasi . Yup,ban dengan tapak lebar tidak menyalahi aturan per-UU dengan kendaraan bermotor asala juga jangan terlampau lebar saja.
Tak hanya mempunyai kelebihan namun ban tapak lebar juga mempunyai kelemahan yaitu :
  • Boros .Kelemahan utama dari ban tapak lebar karena part penggerak harus berusaha lebih keras agar tenaga sesuai bukaan gas.Bukan hanya boros bahan bakar namun juga boros kampas rem dan juga gear set karena umurnya juga semakin pendek.
  • Akselerasi Berat .Efek dari penggunaan ban lebar juga dapat mengakibatkan akselerasi berat dan juga kembali berimbas kepada konsumsi bahan bakar motor .
  • Mahal .Pastilah kita tahu bahwa velg dan ban tapak lebar tidakla murah harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah.
  motor tengkorak 3

Nah, itu tadi sedikit artikel yang ane dapet dari mbah google, semoga bermanfaat :d

source : http://rpmsuper.com/2014/05/08/ban-tapak-lebar-vs-ban-tapak-kecil/

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © Automoze | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑