Tentang fairing pada motor, jenis, biaya pemasangan dan dampak yang diakibatkan pada pemasangan fairing.
Banyak hal yang dilakukan oleh para bikers demi membuat kuda besinya terlihat lebih keren, terlihat modis dan apalah itu istilahnya. salah satu dari sekian modifikasi yang paling banyak digandrungi oleh para bikers adalah pemasangan fairing pada kuda besi kesayangannya. belakangan ini memang pemasangan fairing pada motor naked menjadi fenomena yang sudah lazim dilihat di jalanan, bahkan bagi pemilik motor naked (seperti ane sendiri) merasa kurang afdol rasanya jika belum pasang fairing. kali ini ane bakal share sedikit informasi tentang fairing pada motor.
Motor yang menggunakan fairing alias memiliki tudung yang menutupi
bagain mesin secara keseluruhan memang lebih digemari ketimbang motor
versi naked ala telanjang dimana mesin motor terlihat. Tetapi dibalik
semua itu ada kelebihan dan kekurangan tersendiri bagi motor berfairing
dibanding motor naked. Nah, jika Anda bingung menentukan jenis fairing
apa yang akan diambil untuk membuat motor kesayangan Anda terlihat lebih
sport, ini ane kasih beberapa jenis fairing untuk motor kesayangan
Anda yang bisa menjadi referensi Anda ketika ingin memodifikasi.
1. Jenis Full Fairing
1. Jenis Full Fairing
Dari segi desain pada fairing yang satu ini, bentuknya yakni
akan menutupi seluruh bagian depan sampai bagian tengah si motor
(tepatnya menutupi bagian mesin) serta sisi kanan dan kiri motor secara
penuh sampai pada bagian pijakan kaki pengendara. Pengaplikasian full fairing pada motor naked paling sering ditemui pada motor V-Ixion atau pun
pada motor sport keluaran pabrikan seperti motor yang dipakai pada ajang
MotoGP, Kawasaki Ninja, Honda CBR DLL yang akan lebih melindungi mesin
motor.
2. Jenis Half Fairing
Untuk jenis Half Fairing yakni memiliki bentuk setengah dari
jenis Full Fairing. Biasanya fairing jenis ini hanya melindungi bagian
depan dengan windscreen serta bagian dibawah stang sampai mesin bagian
atas, sehingga fairing tidak menutupi seluruh bagian mesin. menurut ane pribadi, fairing ini lebih cocok untuk diaplikasikan pada motor naked, karena tidak menutup keseluruhan mesin motor, sehingga sirkulasi udara segar masih bisa berlangsung.
3. Jenis Quarter Fairing
3. Jenis Quarter Fairing
Quarter Fairing memiliki tampilan atau desain lebih simpel dari
pada full fairing dan half fairing. Desain quarter fairing hanya
memiliki bagian wind screen dan juga sedikit penutup pada sekeliling
wind screen. Yang artinya jenis fairing yang satu ini hanya menutupi
bagian kepala simotor sampai shock depan bagian atas (antara jepitan
segitiga).
4. Fairing Jenis Belly Pan
4. Fairing Jenis Belly Pan
Pada jenis Quarter dan half fairing biasanya di terdapat jenis fairing
belly pan, atau dapat juga di sebut air scoop, yang memiliki fungsi
untuk mengarahkan air flow agar menjauhi area bawah mesin sehingga efek
aerodynamic liftnya bisa di kurangi. Selain itu, jenis fairing ini
berfungsi pula untuk mendukung keindahan motor. Biasanya jenis belly pan
ini diaplikasikan untuk motor balap, banyak di tujukan untuk menampung
bocoran oli yang bisa membahayakan rider lain. Model ini biasanya banyak
dijumpai pada motor yang memiliki jenis trail dan naked bike untuk
touring.
Selanjutnya, ane bakal kasih sedikit info tentang biaya yang harus dikeluarkan oleh bikers yang kepincut untuk memasang fairing pada kuda besinya. Sebenarnya biaya modifikasi motor dengan sayap atau fairing tidak begitu mahal.
Mahal atau tidak tergantung pada tipe fairing yang akan agan
pasang demi sang motor kesayangan, bukan biaya pemasangannya.
1. Estimasi Waktu pasang fairing yang dibutuhkan:
Waktu yang dibutuhkan dalam pemasangan fairing berbeda-beda gan, tergantung modelnya. Mulai dari :
Waktu yang dibutuhkan dalam pemasangan fairing berbeda-beda gan, tergantung modelnya. Mulai dari :
- Cover Engine / under cowl : estimasi waktu pemasangannya sekitar 5 – 15 menit saja, cukup cepat bisa ditinggal ngegame sambil ngopi sebentar
- Half Fairing Fiber: untuk yang satu ini masih lumayan mudah dan cukup cepat tergantung dari bahan yang dipakai, jika terbuat dari fiber, biasanya fairing belum dilubangi (untuk memastikan ke pembeli kalau masih baru). Estimasi waktu pemasangan Half Fairing dari sejak dilubangi atau dibor sampai terpasang, sekitar 10 – 30 menit. Terkadang perlu disesuaikan beberapa Half fairing yang tidak PNP(Plug N Play) atau tinggal pasang.
- Half Fairing Plastik : nah untuk estimasi yang satu ini tergolong cepat, karena semuanya tinggal dipasang tanpa harus persiapan mengukur dan melubangi bagian-bagian Half Fairingnya. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk memasang fairing ini dari merakit sampai terpasang sekitar 10 – 15 menit saja.
- Full Fairing : Estimasi pemasangan full fairing motor model apa saja paling lama dari semua tipe fairing, tentunya semuanya merujuk ke kerumitan dan ukuran full fairing itu sendiri. Karena di sini banyak yang disesuaikan mulai dari penyesuaian letak spido meter, kabel-kabel, stang, footstep sampai kick starter( terkadang perlu disesuaikan), Karena kebanyakan untuk modifikasi fairing model ini berasal atau terbuat dari fiber, jarang sekali saya menemui modifikasi full fairing yang berbahan plastik kecuali dari vendor pabrikan sendiri. Estimasi waktu pemasangannya bisa 2 – 5 jam. Memang harus sabar kalo mau pasang fairing jenis ini .
2. Estimasi Biaya pasang fairing yang dibutuhkan:
Biaya yang dibutuhkan dalam pemasangan fairing juga gak kalah berbeda-beda, tergantung juga dari modelnya. Berikut sekilas biaya yang dibutuhkan :
Biaya yang dibutuhkan dalam pemasangan fairing juga gak kalah berbeda-beda, tergantung juga dari modelnya. Berikut sekilas biaya yang dibutuhkan :
- Cover Engine : Estimasi biaya ongkos yang dibutuhkan paling murah dibanding yang lain tentunya, karena ukurannya tergolong paling kecil, sekitar 10rb – 30rb paling mahal, karena kebanyakan terpaket gratis untuk model yang satu ini
- Half Fairing : Karena ada dua tipe yaitu bahan plastik PNP dan bahan fiber yang perlu dilubangi dlu, tentunya untuk pemasangan half fairing yang berbahan fiber memerlukan effort yang lebih sehingga biaya pemasangannya juga relatif lebih mahal dibanding half fairng berbahan plastik ABS, yaitu sekitar 30 ribuan – 50 ribuan, tapi terkadang fairing model ini juga berbonus pemasangan gratis, hehe
- Full Fairing : Untuk model yang satu ini, jangan ditanya lagi karena gak mungkin gratis, biasanya agan diberi dua pilihan yang ditawarkan (biasanya juga pasti sepaket sama pemasangan denga harga yang sudah disesuaikan). Antara pasang disini atau dibawa pulang dipasang sendiri. Estimasi ongkos / biaya pemasangan full fairing tergolong paling mahal, yaitu mulai dari 100ribu hingga 300ribu. Karena seperti yang ane bilang diatas, perlu effort lebih dalam proses pemasangan full fairing, kita singkat saja penyesuaian yang lumayan agak lama yaitu memposisikan speedo meter ke full fairing yang baru kita pasang, dan masih lagi ngebor/ lubangi full fairing, pemasangan dudukan utama beserta penyesuaian bracket2 kelengkapan, kemudian penyesuaian lampu depan, dan lain-lain, makanya untuk waktu dan biayanya juga lumayan.
Next, ane bakal bahas dampak negatif pemasangan fairing yang asal asalan. (kenapa tidak bahas dampak positif? karena menurut ane itu tidak perlu dibahaspun para bikers juga sudah tau sendiri, hehehe).
Diulas secara komprehensif oleh Bikeadvice….pemasangan
fairing tanpa memperdulikan air flow bakal membawa dampak buruk yang
bisa mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan. Sebab umumnya para
modifikator kurang memperhatikan aerodynamic serta gas dynamic kala
mendesain si fairing. Pasang frame…menutupi mesin…terlihat keren…lainnya
ora urus. Dengan adanya fairing buatan, udara panas yang
keluar dari silinder serta mesin bakal terperangkap didalam kompartemen.
Dari sini saja, masalah akan datang secara cepat. Tingkat asupan udara
segar tidak cukup. Hasilnya, temperatur engine meningkat drastis yang
membuat mesin dipaksa beroperasi pada suhu tinggi. Terdongkraknya suhu
mesin diatas normal bakal membawa efek sebagai berikut :
1. Komsumsi bahan bakar menjadi lebih boros 13%
Bekerja pada suhu tinggi bakal membuat
knocking dan detonasi akibat efek dari pembakaran abnormal. Hal tersebut
akan membuang energi dari ruang pembakaran. Praktis untuk mendapatkan
power yang dibutuhkan mesin akan meminta asupan bensin lebih banyak
ketimbang biasanya.
2. Emisi gas buang meningkat 4%
Mesin membutuhkan suhu normal untuk
meminimize polusi udara. Dan jika kinerja mesin diatas normal, penekanan
emisi tidak akan mampu dicapai secara maksimal.
3. Mengurangi keawetan jerohan mesin
Dengan suhu diatas normal, otomatis kinerja part atau komponen dalam mesin lebih berat. Selain
itu, tingkat penguapan minyak pelumas meningkat (khususnya bahan
mineral). Dudukan klep bisa jadi juga akan berumur pendek akibat didera
panas berlebih secara terus menerus. Efek lain, suhu tinggi mesin juga
bisa membahayakan eletroda busi.
Dampak lain dari pemasangan fairing yang asal asalan juga dapat mengurangi kenyamanan dalam berkendara, bahkan beberapa bikers yang memasang fairing, khususnya full fairing, memilih untuk mencopotnya lagi hanya dalam jangka waktu yang singkat.
Segala kerugian diatas bakal makin
komplit jika biker secara bersamaan mengganti ban standar dengan ukuran
lebih gambot. Wis, kalau bisa ngomong, engine sampeyan makin
teriak-teriak mzbro
. Kembali ketopik, dari penjabaran diatas, pemasangan modifikasi
fairing yang tidak dilakukan oleh pabrikan asli atau engineering yang
berkompeten didalamnya bakal membuat peningkatan temperatur mesin 22%
serta suhu sekeliling hingga 9% (Bikeadvice data). Masih kekeh nutup
engine dengan fairing modifikasi?? monggo direnungkan lagi.
Yah, itu sadi sekilas tentang fairing pada motor yang ane dapet dari berbagai sumber di internet. semoga bermanfaat :d .
0 komentar:
Posting Komentar